Loading

Ingin Iklan Google Ads Sesuai Budget? Ini Cara Hitungnya!
10-08-2021 by Author

Di tengah perkembangan era digital saat ini, beriklan dengan menggunakan Google Ads adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk melakukan promosi bisnis yang paling efisien dan menguntungkan. 

Dan berbicara mengenai biaya iklan menggunakan Google Ads, tentunya tidak bisa diukur secara sembarangan. Karena ada cara untuk menghitung perkiraan biaya iklan untuk bisnis Anda di platform Google Ads. 

Untuk Anda yang penasaran mengenai biaya pemasangan iklan melalui platform Google Ads, The Conversion, digital agency di Tangerang akan menjelaskan cara mudah untuk menghitungnya bagi Anda. Namun sebelumnya, ada baiknya jika Anda memahami beberapa poin penting dalam melakukan perencanaan iklan agar bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. 

  • Keyword

Poin pertama yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pembuatan iklan serta mengetahui perkiraan biaya iklan melalui Google Ads adalah pemilihan keyword. 

Karena setiap keyword memiliki harga yang berbeda, semakin bagus keyword yang digunakan umumnya biaya iklannya pun semakin mahal. 

Maka dengan kata lain, pemilihan keyword dengan tingkat pencariaan yang tinggi serta berpotensi berada di peringkat atas harganya lebih mahal dibandingkan keyword biasa. 

  • Pencarian Kata

Semakin tinggi intensitas pencarian keyword, maka harga iklan yang perlu dikeluarkan pun akan semakin mahal. Hal ini dipengaruhi oleh intensitas dan relevansi pencarian kata. 

Namun yang perlu dicatat dalam poin ini adalah, intensitas pencarian keyword yang tinggi akan membuat iklan yang Anda pasang menjadi lebih efektif. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan fitur tool UberSuggest. 

  • Cost Per Click 

Anda bisa memanfaatkan tools UberSuggest kembali dalam poin ini. Karena iklan di Google Ads bisa Anda ketahui dengan menyiapkan cost per click dari keyword yang disuggest oleh Google. 

  • Ekspektasi CTR

CTR sendiri merupakan Click Through Rate, yakni perbandingan antara jumlah klik terhadap jumlah tayangan iklan. Jika Anda masih belum bisa memastikan biaya iklan melalui Google Ads untuk bisnis, maka Anda bisa mengetahuinya melalui ekspektasi CTR ini. 

Untuk rumusnya sendiri sebenarnya bebas, tergantung harapan Anda pada jumlah klik terhadap jumlah penayangan iklan sendiri. Namun, TheConversion akan memberikan sedikit gambaran pada Anda. 

Jika jumlah iklan yang tayang adalah 200, maka ketika pengunjung yang melakukan klik sebanyak 10 orang, maka CTR-nya adalah : 

(20/100) X 100% = 20%

  • Penghitungan Biaya Iklan 

Memasuki poin terakhir, maka artinya sekarang adalah waktu untuk menghitung biaya iklan di Google Ads. Untuk rumusnya sendiri adalah sebagai berikut : 

PERKIRAAN ANGGARAN IKLAN = Volume Penelusuran Bulanan X  CTR (Cost Per Click) X Ekspekasi CTR 

Melalui perhitungan tersebut, Anda bisa mengetahui berapa estimasi biaya iklan untuk periode 1 bulan.

DItulah cara menghitung biaya iklan melalui Google Ads yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan bisnis maupun brand Anda. Selain menggunakan Google Ads, ada beberapa pilihan jenis iklan lainnya untuk digunakan atau diterapkan dalam strategi digital marketing bisa Anda. 

Ingin mengetahui perkiraan biaya iklan secara digital yang tepat serta pilihan iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda? 

Hubungi The Conversion dan konsultasikan kebutuhan digital campaign untuk bisnismu bersama kami. Salah satu perusahaan performance marketing agency di Indonesia. Perusahaan performance marketing agency yang dipimpin oleh Motivator Financial Revolution di Indonesia, yakni Tung Desem Waringin.

Saat ini, The Conversion sudah memiliki 200 client yang sudah mempercayakan pemasaran digitalnya pada kami serta merasakan hasilnya. Seperti BCA, Indosat, Kapal Api Group, Marjan Boudoin, Optik Seis, Excelso, Novell Pharmaceuticall dan beberapa perusahaan lainnya.

 


Rekomendasi Artikel Menarik untuk Kamu


15 April 2022

6 saran dari The Conversion yang bisa kamu ikuti untuk membuat media sosial bisnismu menarik dan dapat meyakinkan orang sejak pandangan pertama ...

by Author
15 July 2022

Competitor analysis adalah praktik mengevaluasi pemain lain di pasar Anda dan mengumpulkan data kinerja mereka dengan tujuan memperkaya pemasaran ...

by Author
7 October 2021

Digital Agency Tangerang - Pernah gak kamu mengalami, udah bayar mahal influencer tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Itu kenapa ya? ...

by Author